Sabtu, 22 Desember 2018

Tips Traveling Hemat ala Neza

Assalamu'alaikum, halo semuanyaa.

Kali ini mau share tips traveling ala aku hehehe. Ntah kenapa setelah menikah jadi lebih perhitungan dalam mengurus keuangan bilang aja pelit. Semoga bermanfaat ya :)


1. Cek keperluan sebelum pergi
Ceklist kembali keperluan utk traveling supaya menghindari beli lagi karena ketinggalan :D

  • Baju+celana+dalaman
  • Perlengkapan mandi/make up
  • Handuk/kain sarung
  • Kamera+hp+charger
  • Mukena
  • Jaket
  • Kaos kaki
  • Snack (kalo perlu hehe)

2. Pilih penginapan yang affordable
Salah satu andalan saya kalo keluar kota itu nginap di Reddorz. Alhamdulillah selain murah dan banyak pilihan tempat, so far kamarnya nyaman dan bersih. Apalagi kalo kamu sering keluar kota untuk liburan atau kerjaan dan butuh tempat menginap yg terjangkau, kamu bisa daftar jadi member.  Biayanya 125k selama setahun. Selain dapet diskon dari harga awal, bisa juga dapet cashback yang nantinya bisa nambah diskon lagi. Kan lumayan banget tuh diskon 2x haha :)

3. Pesan tiket atau bus di Traveloka
Daripada beli langsung, hemat tenaga dan lebih murah cuy. Walaupun ada juga harga yang sama aja di Traveloka dan di counter langsung, tp lebih banyak lagi yang murah. Dan tentunya kita ngga perlu booking langsung di tempat kan :)

4. Book jauh-jauh hari
Nah, kalo mau traveling itu kudu di book minimal seminggu sebelum berangkat. Kayak book di Reddorz, biasanya seminggu sebelum itu harga kamarnya banyak yg promo, kisarannya dari 99k ke atas. Tapi booking H-2 atau H-1 harga kamar uda pasti berubah dong. Termasuk book tiket juga nih, bus, kereta api, atau pesawat. 

5. Sering cek Google dan Maps
Cek tempat yg ingin di kunjungi, baru book hotel di sekitar situ, bukan sebaliknya. Ini tips dari vlogger favorit aku, Ria SW haha. Jadi kalo kita mau ke daerah wisatanya ngga kejauhan dari hotel. Cek juga maps buat ngukur2 berapa jaraknya dan dimana penginapan deket situ.

6. Rental kendaraan
Aku dan suami suka eksplor tempat2 wisata baru, dan kesananya pastilah perlu kendaraan. Kami lebih milih motor, sih. Karena selain murah juga lebih mudah untuk akses ke daerah2 terpencil atau yg jalannya sempit. Dari pengalamanku, di Bandung rental motor starts from 90k, dan di Jogja lebih murah, starts from 70k. Motornya pun bervariasi, makin besar makin mahal.
Tapi balik lagi sesuai kebutuhan ya, kalo mau yg nyaman dan mungkin pergi sama keluarga bisa rental mobil.

7. Top up Ovo dan Gopay
Ini bermanfaat kalo ngga ada/ngga tau transportasi umum di kota itu. Atau kita lagi buru-buru nih, atau banyak bawaan. Isi top up ojek onlen lebih baik daripada bayar cash, ya karena lebih hemat dongg (nenek jemping pun tau :D). Kalo punya m-banking lebih baik karena bisa isi di jalan, tapi kalo ngga punya bisa top up di atm dulu sebelum berangkat atau sama abang2 drivernya pas jalan.

Gitu dulu deh tips kali ini. Maap yak kalo terlalu mainstream ato uda tau duluan. Ogut kan cuma mau share aja ehehe, kalo bermanfaat alhamdulillaah. See yaa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar