Sabtu, 05 Januari 2019

4 kota dalam 5 hari (Bandung-Solo-Yogya-Wonogiri)

Assalamu'alaikum semuanyaaa.
Pengen cerita pengalaman traveling ke sekian namun kali ini sama pasangan yg sah ahay wkwkwk.

Perjalanan kali ini bisa di bilang pulang kampung pertama kalinya ke rumah ortunya mertua. Sekaligus silaturahmi dan berkenalan setelah nikah karena ada beberapa sanak saudara yg ngga jumpa waktu resepsi kemaren. Jadi kami memutuskan untuk melakukan perjalanan yang singkat namun dengan tujuan yg berbeda-beda. Kenapa gitu? Soalnya suami susah untuk minta cutinya, jadi ya harus kejer tayang mumpung liburan. Walaupun jadinya buru-buru, tapi seru juga deh jadi sempat ke beberapa tempat yg berkesan huehehe.
*warning : pengalaman ini lebih ke backpackeran style yg ekonomis daripada yg mewah dan enak :D jadi yg ngga mau repot2 dan punya budget lebih monggo cari alternatif yg lain :)

Perjalanan di mulai dari Pasar Rebo (buat yg nggatau ini tempat nunggu bus di daerah Jaktim). Kami naik bus ac-ekonomi ke Bandung. Sebenernya tujuan utamanya sih mau ke Wonogiri, Jawa Tengah dari Solo dengan menggunakan kereta. Tapi suami bilang jalur kereta dari Bandung ke Jawa Tengah lebih bagus pemandangannya, dibanding jalur yang mulainya dari Jakarta. Nah karena uda pesen tiket kereta buat besok paginya, nginaplah kami di Reddorz Buah Batu. Nyampe Bandung, istirahat sebentar terus jalan2 ke alun2 Bandung sekalian shalat di mesjidnya. Terus muter2 lagi sambil cari makan, dan malamnya pulang. Berhubung ngga sewa motor (seperti biasa) di Bdg, jadilah kami kemana2 pake angkot dan ojek onlen. Tp ntah kenapa waktu itu naik angkot serasa beda. Cuaca Bandung yg lagi mendung abis ujan di tambah denger ostnya film Dilan berasa jadi Milea gitu wkwk (padahal belom pernah nonton filmnya). Tapi serius deh, Bandung itu kota yg enak buat naik angkot dan jalan kaki. Suasananya bikin betah.

Hujan waktu di bus

Taman Sejarah Bandung

Ada yg nyangka ngga ini halaman museum Bandung loh haha

Taman Badak Bandung

Alun-alun Bandung
Besoknya kami bangun pagi jam 3.30 buat siap2 naik kereta paling pagi ke Solo jam 5.30. Sempat cemas juga takut ngga dapet ojol dan ketinggalan kereta. Alhamdulillah masih ada juga ojek mobil pagi2.
Kami naik kereta Pasundan dari stasiun Kiara Condong dengan ongkos 88rb. Perjalanan sekitar 9,5 jam dan nyampe di Solo sekitar setengah 4. Bener banget dong pemandangannya super. Pokoknya hp sama kamera bentar2 standby buat foto2 dan video.

Pemandangan dari kereta

Sampai disana kami langsung jamak shalat terus di jemput sama Buleknya suami ke rumahnya. Alhamdulillah nginap disana dan di pinjemin motor buat jalan2 di kota Solooo.
Ngga nyangka juga bisa sampe disini. Dulu rasanya kalo terlintas kata Bandung, Solo, Yogya keknya jauuuh gitu. Ntah kapan bisa kesana. Alhamdulillah lagi lagi Allah ngasih kesempatan buat eksplor tempat baru. Thanks juga buat my husband yg udah luangin waktu buat traveling kali ini. Doi emang anaknya suka jalan2 sih. Jadi ya disyukurin wae lah sebelum dikasih momongan. Bisa sih sama anak, tapi pasti perlu ekstra persiapan dan fisik :D

Malam eksplor kota Solo, paginya keluar Solo, alias daerah Karanganyar dan Tawangmangu. Di Langsa juga ada sih nama daerah yg sama, Karanganyar, cuma beda dongs hehe.
Nah disini yg berkesan. Kami ke 2 tempat air terjun, air terjun Jumog dan air terjun Parang Ijo, sama 1 candi, yaitu candi Sukuh. Sebelum kesitu kami dapet spot foto yg bagus, kayak menara pandang gitu, tapi nyaliku ciut pas liat ke bawah. Serem haha soalnya aku acrophobia walaupun uda pernah paralayang :D

Candi Sukuh

Air Terjun Jumog

Bagus banget Masya Allah :)

Abis jalan2 ke tempat tadi, kami singgah ke rumahnya Budhe suami, sekaligus kenalan sama anak2nya alias sepupu2. Terus karena uda sore dan kefikiran mau kejer kereta ke Jogja, jadi kami buru2 pulang. Tapi di jalan hujan deras banget, kami berdua basah kuyup (walaupun pake mantel). Secara banyak truk yg lewat dan kami keciprat air banjir, masya Allah :') Jadilah berteduh sambil makan bakso.

Nyampe kota Solo udah maghrib dan kereta terakhir ke Jogja 20 menit lagi. Kami cepet2 beresin koper, balikin motor dan mohon izin sama Bulek untuk ngelanjutin perjalanan. Alhamdulillah makasih banget buat driver ojol, kami nyampe di stasiun sambil lari2 dan dapet juga kereta terakhir Prameks (Solo-Yogya) dengan ongkos 8rb. Murah kaaann.

Naik kereta dari Solo ke Yogya sekitar 1 jam. Terus pesen ojol lagi ke hotel. Ini jd pelajaran sih, soalnya kami book hotel yang ternyata agak jauh dari pusat kota. Dari hotel ke alun2 Jogja sekitar 5 kilo, itu termasuk jauh sih kalo di Jogja secara kotanya ngga terlalu besar. Ntar lain kali book yg di tengah kota aja deh biar bisa jalan kaki kemana-mana :D
Dari dulu pengeeeennnn kali ke Jogja, ngebayangin suasananya kek apa. Tapi sampe sana agak terasa asing sih. Ya namanya pertama kali. Suasananya emang beda banget sih sama Jakarta dan Bandung. Tiap kota kayak ada ciri khasnya gitu.

Kalo ngga kesini belom sah ke Jogja

Makan lesehaaan

Sayangnya malam itu hujan deras, jadi kami nunggu sampe reda dulu. Btw, kami rental motor selama sehari disana. Murah loh cuma 80rb aja jd bisa jalan2 kota Jogja.
Besoknya, rencana mau pergi ke Prambanan yang deket berubah jadi ke Borobudur karena rasanya kurang kalo ke Jogja ngga kesitu. Padahal Borobudur letaknya di Jawa Tengah, uda keluar provinsi DIY Jogja. Yauda la ya kapan lagi kaan. Jaraknya lumayan kok, 35km, di banding Parangtritis yg nyampe hampir 50km. Tiket masuk Borobudur 40rb temans. Lumayan mahal tapi sebanding lah. Areanya luaas banget dan banyak pilihan rekreasi selain candinya yang utama. Tapi bayar lagi sih sepertinya.

Kasian gajahnya :(

Warung-warung makan di sekitar candi

Puas jalan2 dan foto2 di candi (aslinya buru2 karena panas sih), kami istirahat bentar di bawah pohon. FYI, areanya banyak pohon dan bangku2 gitu, enak deh duduk2 sambil nyemil. Tapi lama2 bisa ngantuk karena anginnya sepoi2 :D

Pulang ke hotel aku istirahat karena kaki pegel banget. Ngga lama turun hujan deras. Jadi harus stay dulu di hotel which is kena charge karena lewat dari jam 12. Beberapa jam kemudian, hujan reda dan kami lanjut jalan2. Pengen nyoba masuk ke keraton, Tamansari, tapi karena uda jam 5 lewat jadi tutup. Huaaa :'( ga rezeki. Mungkin itu pertanda bahwa harus balik lagi ke Jogja someday haha.

Malamnya, kami naik kereta lagi buat balik ke Solo, soalnya ngga ada bus yg langsung ke Wonogiri dari Jogja (mungkin ada tapi jarang). Nyampe stasiun naik ojol lagi ke terminal.
Setelah naik bus, ngga lama ternyata busnya mogok ngga jauh dari terminal. Jadinya kami di balikin ke terminal lagi dan nunggu bus selanjutnya. Akhirnya baru ada lagi jam setengah 2 pagi, ya Allah :( Ongkosnya murah banget sih cuma 15rb. Nyampe di Wonogiri setengah 3 pagi dan naik ojek pengkolan ke rumahnya Mbah (kakek) suami. Kami langsung istirahat, tepar.

Perjalanan hari pertama di Wonogiri di mulai. Bayangan aku sebelum kesini tuh kotanya pasti jawa banget, terus tradisional gitu. Ternyata salah hehe. Walaupun kotanya kecil, tapi bersih dan nyaman kok. Kayak Langsa gitu lah hehe.
Pagi2 aku uda di ajak naik gunung sama si suami. Pantes dia ga bilang tujuannya kemana -_- Mana badan makin bengkak, ngga pernah olahraga, naik gunung pula. Gunungnya gunung batu, namanya Gunung Gundul. Ngga setinggi Sibayak sih, tapi tetap serem kalo liat ke bawah. Kalo mau kesitu kita masih bisa ngelewatin jalan hutannya pake motor. Terus kalo uda ada tangga, kita parkir motor disitu dan naik. Awalnya masih tangga, terus harus manjat batu2 besar disitu men. Ngeri-ngeri sedap sih. Kalo jatuh di jurang itu tinggal nama aja awak ni.
But, the view is worth it.

Gunung gundul

Setelah istirahat siang bentar, sorenya kami lanjutin lagi buat eksplor kota Wonogiri sekalian beli oleh2 hehe. Kalo disini sih khasnya itu kacang metenya, enak.
Kami singgah kesini nih, daerah...
Disini ada wisata paralayangnya loh, tapi lagi ngga minat dan saving budget juga kan jadi ya kapan2 aja deh haha.

Soo, that's all pengalamanku secara singkat selama 5 hari haha. Ada serunya, ada suka dukanya juga. Yang pasti aku bersyukur bisa menjelajahi bumi Allah lagi. Semoga lain kali bisa ke kota2 di Jawa yang lain. Silahkan baca tips hemat traveling ala aku wkwk manatau bermanfaat kaan. Hehehe
Thanks for reading friends, see yaa...