Selasa, 02 Agustus 2016

Kenapa Males Nulis?

Saya sering kefikiran, kenapa ya harus nulis? Kenapa saya susah nulis? Kenapa males nulis?
Katanya sih, biasanya seseorang itu lebih cenderung menguasai suatu keahlian. Nah misalnya lebih condong ke nulis, dianya susah ngomong, atau kalo pinter ngomong, dianya susah nulis. Tapi banyak juga kok orang yang jago keduanya. Contoh paling jelas misalnya, Raditya Dika. Gimana kerennya doi coba, nulis ga usah di tanya lagi lah, secara emang penulis. Stand up comedy? Juga keren. Ini membuktikan kalo sebenernya ga ada batasan dalam diri kita kalo kita mau belajar dan berusaha. HASEG

Nah, saya pribadi lebih suka bicara daripada menulis. Ini juga jadi masalah pas ngerjain skripsi (ehm, emang malas aja lu -_-). Ntah karena udah gabung klub debat dari SMA, atau emang suka bicara dari sananya gak tau juga lah :D 
Banyak alasan kenapa saya susah males nulis. Mungkin ini juga terjadi sama kawan2 sekalian. 

1. Pelupa
Ini jadi alasan paling pertama buat saya, ya karena emang gitu. Saya pelupa parah. Banyak hal terlintas di fikiran, tapi akhirnya hilang gitu aja, karena ... lupa. That's why buat orang yang sering lupa kayak saya gini, perlu yg namanya catatan. Ga usah ribet2 kalo ga pengen bawa notebook juga bisa pake note di hp. Selain bisa ngingatin hal2 penting misalnya To do list & To buy list, bisa juga buat kerangka tulisan yang (someday) akan di selesaikan gatau kapan.

2. Ngerasa gak semua orang mau & punya waktu buat baca tulisan kita
Ini juga alasan orang yg punya krisis percaya diri kayak saya :D Kadang ngerasa, "Buat blog emangnya siapa yg mau baca? Mana ga pinter ngerangkai kata," dan lain lain. Yaudahla, urusan tulisan kita bakalan di baca atau gak, di sukai atau gak, itu masalah belakang. Yang penting buat diri terbiasa aja dulu, ntar gampang jalaninnya (jiah kok baper -_-)

3. Susah nuangin isi fikiran ke tulisan
Kadang2 kita ngerasa, pas mau nulis itu kayak susaaah gitu. Yang mau di sampein ada di kepala, tapi gimana bilangnya payah gitu. Iya kan? Kok sama? Jangan2 kita.. (maap2)
Solusinya adalah, sering2 latihan. Biasanya penulis newbie sering kayak gitu, saya contohnya :D Kayak yg saya bilang tadi, biasakan nulis apaa aja. Nah ntar pemilihan kata, alur tulisan, dll bakalan gampang tergambar. Apalagi kamu yang pengen pinter nulis karya ilmiah, harus rajin2 tuh baca nulis baca nulis biar lancar :D 

4. Males
Nah ini. Payah bilang deh kalo ini. Kalo males ga ada obatnya bro. Ini biasanya kalo alasan yg pertama kedua ketiga tadi udah kejadian, jadi males nulis.

Trus, kenapa kita harus nulis?

Tulisan bukan sekedar platform penyampaian teks, tapi juga sumber pengetahuan. Ketika pengetahuan itu di tulis, maka ia akan awet sehingga org2 bisa mempelajarinya. Coba kalo lewat ngomong doang, pertama ilmunya bisa terlupa, kedua bisa muncul banyak versi tergantung pendengarnya. Kebayang gak, kalo misalnya ilmuwan fisika atau kimia jaman dulu ga nulis rumus2nya, cuma diumumin aja ke orang2, "Bapak bapak ibu ibu sekalian, hari ini saya umumkan sebuah formula baru dalam mencari susunan bilangan oksidasi, yakni.... Itu jangan lupa di ingat ya bapak ibu, ini sangat penting untuk penemuan2 yang akan datang.."
Bisa2 sampe saat ini kita ga ngerti H2O itu apa.

Saya suka jalan2, jadi sering baca blog orang2 tentang destinasi wisata di suatu daerah. Well, the way the author explains it in writing can encourage people to go there as well. Jadinya tulisannya kayak platform yg nganter kita ke dunianya gitu. Dan saya ngerasa pasti asik juga kayaknya kalo kita bisa ngajak orang ngerasain hal yang sama. Apalagi media elektronik yg kita pake sekarang ini which is gettting more and more sophisticated, kita bisa provide hal yg lebih real kayak foto atau video. Jadi tulisan itu ga selalu monoton.

Daripada kefikiran sesuatu tapi ga tersalurkan, mending nulis. Kamu boleh nulis hal apa aja. Bisa jadi perasaanmu, minat, atau bahkan tanggapan atas sesuatu. Apalagi kalo sering mikir, trus punya ide kayak gini, mau buat rencana kayak gitu. Kamu tinggal nulis. It sounds so simple, yet malesin juga sih haha.

Contohnya Raditya Dika, dia sering nulis sesuatu yg jadi kegelisahannya sendiri. Nah karena kegelisahan yg dia rasain itu juga di rasain banyak orang, jadilah bukunya Best Seller. Jadi saya rasa ga ada salahnya kalo kita mulai nulis sesuatu dari hal yg paling sederhana sekalipun.

Dan lagi, buat orang yang tidak terlalu lancar dalam menyampaikan secara lisan (berbicara), menulis adalah salah satu langkah yang tepat dalam mengungkapkan pandangan atau pendapat akan sesuatu. Tapi yang harus di ingat tulisan tidak boleh mengandung SARA ya. Masukkan data atau fakta boleh aja. Penggunaan bahasa juga harus sopan.

Mulai nulis:

1. Cari hal yg di sukai buat di tulis
Apa bidang yg kamu suka? Passion gitulah istilah kerennya. Sesuatu yg kamu rela ga di bayar untuk ngerjainnya. Buat tulisan tentang itu. Dan lebih baik kayaknya kalo kalian itu fokus di satu bidang. Bukan maksudnya ga boleh nulis apa aja, tp saat kamu menguasai suatu hal, maka tulisan kamu juga punya karakternya sendiri gitu (sok tau amat :D)

2. Sering baca
Tulisan itu bisa jadi info atau pengetahuan baru atau info atau pengetahuan yg sudah ada kemudian di sempurnakan. Jadi jangan salahkan kalo banyak teori atas sesuatu yg mirip atau ga beda jauh gitu, bisa jadi itu sesuatu yg sudah di improved. Jadi banyak2lah baca biar tulisan kamu itu lebih mantep. Pengalaman juga penting. Tulisan dari gabungan pengalaman sama teori itu lebih real gitu. Gitulah pokoknya. Susah jelasinnya :D

That's all I think. Kurang lebih saya mohon maaf, saya juga baru belajar nulis :D

Nezayana Febriani, 2/8/2016   0.52 a.m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar