Minggu, 20 Desember 2015

Hello Hatyai!

Assalamu'alaikum, Hai!
Kami gerak sekitar jam 9-an gitu, berangkat ke Hatyai dengan menggunakan travel car. Bentuknya kayak L300 gitulah, tp lebih cantik :D. Buat yg gak tau Hatyai itu apa dan dimana, itu nama kota di ujung Thailand. Dari Kedah ke Hatyai itu deket kali sih. Orang dari ujung Malay ke ujung Thai, jadi mungkin sekitar setengah jam udah nyampe perbatasan. Seperti biasa, border check point dulu, baru lanjutin perjalanan menyusuri jalanan Thailand. Sawaddi kha!
Kalo yg bisa saya bilang sih, jalan2 kota Hatyai ini biasa aja. Kayak Medan gitu sih, atau di Aceh. Yg buat beda tulisan di papan2 toko dan reklame itu, kayak cacing gitu :D Sebelum kesana, saya udah browsing2 dikit percakapan dasar bahasa Thai. Tapi terakhir ga kepake juga sih, karena disana masih banyak orang Melayu-nya, bahkan mereka juga masih nerima uang ringgit (mungkin karena deket perbatasan kali ya), jadi ya woles ajalah :D

Iya, ini di Thailand kok, bukan di Tembung





Kami sempat singgah sebentar ke salah satu tempat wisata ini, namanya Chang Puak Camp. Kayaknya ini penangkaran gajah kali ya. Soalnya ada wisata naik gajah. Tapi terakhir ga nyobain, karena kami sayang kalo buang2 uang buat itu. Di kebun binatang Medan juga ada kok, hehe. Selain itu ada juga beberapa kios yg jualan jam & gelang2 kayu gitu. Cantik sih, jadi pengen beli. Tapi katanya ga usah beli disini, karena ntar ada pasar oleh2 yg harganya lebih murah. Eh terakhir nyesel, karena oleh2 tadi gak di temuin di pasar itu.







Perjalanan di lanjutkan. Kami berhenti di sini. Nama tempatnya Tang Kuan Hill. Ini bukit buat liat panorama kota Hatyai. Tiket masuknya 30 baht. Buat naik ke atas, kita naik tram (sejenis kereta) yg landai, karena di sesuaikan sama kemiringan bukit. Tapi ada juga sih tangga tersedia di bagian samping. Sampe di atas, ada yg jualan gembok2 lucu gitu. Dalam hati, "Buat apaan ini gembok? Jangan2 yg kayak di Korea?". Ternyata benar saudara, itu buat love lock. Jadi kalo mau, kita beli dua, trus ntar di kunci di besi berbentuk hati gitu. Alahai, pu but nyan. Hana soe pasang pih. Ntar kalo beli satu kan gak lucu, jones kali gitu nampaknya -_-

    

Cuma foto ini yg keliatan lonceng2 & gembok cintanya. Pardon si Ipul yg lagi narsis yak.

Liat pemandangannya aja, ga usah muka saya :P





Abis puas foto2 dan liat2 (kalo saya belum puas sih, soalnya cantik pemandangannya), kami pun turun. Pas turun, kami di tawarin beli foto kami (per orang) yg udah di cetak di frame gitu. Saya gak ambil, karena mau menghemat, haha. Begitu keluar, banyak yg jualan es kelapa. Penasaran rasanya, dan tukang jualannya pun sibuk nawarin, akhirnya kami pun nyobain. Harganya 10 baht. Sebenernya itu es krim biasa, tapi banyak toppingnya, kayak kelapa, kolang-kaling (ini bahasa Thai nya apa ya), kacang, dll yg di masukkin ke batok kelapanya juga. Tapi enak kok. Belakangan di Medan pun banyak juga yg jualan es krim kayak gitu.




Coconut Ice Cream

Kamipun lanjut singgah ke Mermaid Beach. Kenapa namanya gitu? Karena ada patung putri duyungnya. Sebenernya saya gak ikutan ke pantainya sih, cuma di sekitaran situ aja, nyari oleh2. Maklumin ajalaya. Lagian pantai kek gitu banyak kok di Aceh. Jadi biasa aja sih. Pas yg lain sibuk foto2, saya dan seorang kawan sibuk juga milih dan nawar gantungan kunci. Tapi agak nyesal juga, karena ga ada foto di situ :(
Mitosnya, siapa yg megang (maaf) dadanya patung ini, ntar balik lagi ke Thailand. Dari foto2 yg saya liat, cuma beberapa org yg megang itu. Ntah memang malu megangnya, atau malu ketauan megangnya, saya pun gak tau :D. Ada sih kawan saya, yg pernah megang itu, dia balik lagi ke Thailand, tapi kan bisa jadi kebetulaaann.




Enakla kelen foto sama patung mermaid :P
Kamipun lanjut ke pasar yg tadi di ceritain. Mulai lah, nyari oleh2 yg berbau Thailand (emang baunya gimana?). Disitu saya dapet dompet kecil bergambar gajah, gantungan kunci gajah, magnet kulkas gajah. Si kawan pun juga dapet tas gambar gajah. Anyway, gajah itu emang Thai banget ya. Mungkin abg Tulus dapet inspirasi pas lagi di Thailand kayaknya.
Waktu berlalu, perut pun mulai lapar, tapi bingung makan apa, takut gak halal. Gak mungkin gak diisi, kami pun cobain gorengan yg jual di pinggir jalan. Terakhir kami makan sosis sih. Tenang, yg jual pake jilbab. Walaupun gak jamin juga, at least jilbabnya buat kami ngerasa aman. Awalnya cuma beli satu, tapi kok rasanya enak kali. Apalagi di kasih sambal gitu, ha sambalnya ini buat ketagihan. Gak tau lah apa yg di masukkan kesitu, bismillah ajalah. Tapi serius pedas kali, abis makan itu lari2 ke Seven Eleven (semacam Indomaret di sana) buat beli air. Enak tapi, jadi beli lagi, hehe. Btw, disini foto2nya ga ada soalnya ga sempat pegang kamera, dan batrenya abis juga sih :D
Gak lama kami disana memang, cuma sekitar 5-6 jam aja. Lebih cepat di bandingin Singapura, hahaha. Tapi setidaknya kalo di tanya orang, "Pernah ke Thailand?", bisa jawab "Pernah" gitu. Tapi jangan tanya2 Bangkok lah, gak ada kami kesana. Lagian dari Hatyai ke sana masih jauh kali bro. Gak percaya? Coba cek di Google Maps ajalah. Abis tu, balik lagi lah kami ke kampus UUM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar